Senin, 29 Juni 2015

Hah, Libur 1,5 Bulan, Produktif Yuk!

             Wow, sebentar lagi libur....wah..wah menyenangkan sekali...Mau ke mana ya liburan....Mau ngapain aja ya liburan....Itu semua akan terlontar saat kita akan libur baik libur karena tidak sekolah atau libur karena tidak harus bekerja, aku pun juga demikian.
            Aku adalah seorang guru pada salah satu sekolah swasta ternama di Jakarta Barat, tepatnya aku bekerja di Sekolah Dian Harapan Daan Mogot. Sebagai seorang guru, libur itu bisa dikategorikan paling tinggi kuantitasnya karena murid libur tentunya guru libur. Keistimewaan libur tahun ajaran ini adalah digabung dengan libur lebaran sehingga liburnya menjadi panjang yaitu 1,5 bulan. Begitu membahagiakan menghitung hari-hari libur karena tak perlu mempersiapkan materi, tak perlu banyak energi untuk menegur, menasihati, memberi pujian, atau bahkan tak perlu marah bila ada seorang siswa yang berulah. Semuanya libur....libur.  
            Tibalah hari H untuk mulai libur itu, tepatnya Senin, 15 Juni 2015 kunikmati hari liburku dengan menonton TV dan mengerjakan tugas sekolah yang tertunda. Libur hari kedua dst mau ngapain ya, " pikirku dalam hati. Setelah lama berpikir akhirnya kutemukan sejumlah aktivitas yang akan aku lakukan.
             Aktivitas pertama yaitu bersepeda ria. Pagi pukul 07.00 sampai 08.00 aku mengayuhkan kaki dengan bersepeda karena mengingat sepedaku lama menganggur sampai-sampai ban kempes semua, maklum dulu aku rajin bersepeda sepulang kerja. Aku susuri daerah-daerah yang hanya kulewati sepulang kerja tanpa tahu ada apa di dalamnya. Kukayuh sepedaku sambil menikmati sekeliling dan masuk ke perumahan jika yang kulewati adalah sebuah perumahan atau cluster. Kulihat satu-satu dengan memperhatikan desain dalamnya. banyak pikiran berkecamuk di dalam banjir gak ya, bagus gak yang bangunannya, kalau jelek kukomentari dalam hati, kok mahal ya...dst. Selain menyusuri daerah yang belum pernah kutapaki, aku juga menyusuri rute lamaku yaitu Danau Cipondoh, Moderland, dan Banjar Wijaya, sungguh melelahkan tapi menyegarkan. Sehat rasanya.
              Aktivitas kedua yaitu menyelesaikan tugas sekolah. Aku berkutat di depan komputer sambil 11 jariku berolahraga. Kubaca dan kupelajari setiap kompetensi dasar setiap tingkatan yaitu kelas 7 sampai 12. Setelah itu, kupilah-pilah berdasarkan keterampilan berbahasa dan sastra. Setelah memilah kubaca kembali apakah sudah pas atau sudah cocok dan jika sudah kusimpan karena takut tiba-tiba listrik padam. Demikian berulang-ulang dan akhirnya selesai meskipun aku perlu merevisi kembali nantinya. Lega rasanya.
             Aktivitas ketiga belum bisa terlaksana karena aku menunggu suamiku untuk mengajariku, yaitu membuat blog. Sudah lama rasanya aku ingin punya blog bahkan suamiku sampai bilang "bukannya dari dulu bilang begitu?". Memang benar yang dikatakan suamiku...semangat ada, tetapi hari-H mlempen (orang Jawa bilang). Akan tetapi, aku katakan pada suamiku aku pengin liburan ini produktif dan aku serius. Setelah menunggu 10 hari setelah libur, akhirnya suamiku ada waktu untuk mengajariku. Senang rasanya.
                Akhirnya aku memiliki sebuah blog, yang ternyata sangat mudah. Mengapa aku pilih blog? Jawabannya sangat mudah dan simpel karena tulisan dalam blog tidak perlu takut salah karena tak dilombakan. Selain itu, Blog aku jadikan sarana untuk melatih kemampuan menulisku dan aku akan mulai dengan menulis yang sederhana.
              Saat memiliki blog, aku harus memberi nama blogku dan rasanya agak susah karena setiap yang kuinginkan ternyata dah ada. namun akhirnya Puji Tuhan, nama yang kuketik diterima yaitu mengejarcoratcoret. Bahagia rasanya "horeeee". Setelah nama selesai, aku coba entri dengan dua buah puisi tentang hidup dan rasanay gimana gitu setelah ada yang membaca yaitu dari Indonesia dan Amerika. hal itu membuatku semakin bersemangat untuk menulis. Akhirnya aku coba tulis resensi tentang film yang baru aku tonton yaitu Jurassic World. Maklum, nonton bioskop juga masuk agenda liburanku alian nomat, nonton hemat karena cukup 30.000. Tulisan resesnsiku pun mendapat respon. Wow, luar biasa. Setelah resensi, aku bingung mau nulis apa lagi. Akhirnya setelah mandi sore, aku mendapatkan ide untuk menulis cerita pengalaman liburku selama 2 minggu ini. Inilah hasilnya. Mudah-mudahan aku bisa semakin produktif dengan adanya blog ini. Bahkan aku punya rencana blog ini akan aku gunakan untuk pembelajaran nanti. Semoga Tuhan memberkati. Amin. (Kristiyani)                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar