Senin, 29 Juni 2015

Macam-macam Teks


  1. Teks fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang. Struktur teks terdiri dari perkenalan, komplikasi, klimaks, dan penyelesaian.
  2. Teks cerpen adalah cerita yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan. Stryktur teks sama dengan teks fabel.
  3. Teks diskusi adalah sebuah teks baik terucap atau tertulis yang memberikan informasi ide, pendapat tentang suatu hal yang bertujuan untuk memberikan dua pendapat mengenai suatu hal atau masalah. Struktur teks diskusi meliputi (a) masalah (memuat pertanyaan/pernyataan yang akan didiskusikan), (b) argumen pro dan kontra  (memuat bukti, alasan, argumen yang mendukung atau menolak pernyataan terkait dengan topik yang didiskusikan), (c) simpulan/rekomendasi (memuat pandangan akhir yang mendukung atau menolak pernyataan tentang topik diskusi.
  4. Teks eksposisi adalah sebuah teks untuk mengemukakan pendapat disertai argumen yang bertujuan untuk mencoba menyakinkan pembaca agar mempercayai sesuatu ataupun mendorong pembaca melakukan/tidak melakukan sesuatu. Struktur teks terdiri dari (a) pernyataan pendapat/opini/tesis (berisikan pendapat atau prediksi sang penulis yang berdasarkan sebuah fakta, (b) argumentasi/alasan  (berisi fakta-fakta yang dapat mendukung pendapat atau prediksi penulis), (c) penegasan ulang pendapat/rekomendasi (berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. pada bagian ini pula disematkan hal-hal yang patut diperhatikan atau dilakukan supaya pendapat atau prediksi sang penulis dapat terbukti).
  5. Teks ulasan adalah teks yang difungsikan untuk meninjau atau memberikan kritik terhadap suatu karya seni ataupun lainnya untuk khalayak umum. Struktur teks terdiri dari (a) orientasi berisi gambaran umum tentang buku atau film, Misal yang diulas film atau buku, gambaran tersebut dapat berupa tokoh utama, sutradara, latar tempat dan sepenggal kisah, tetapi jika yang diulas berupa benda maka disebutkan nama serta kegunaannya, (b) sinopsis yaitu menceritakan tentang isi cerita atau alur, seperti kisah dalam pembukaan cerita atau klimaks. Namun jika yang diulas berupa benda maka isinya menceritakan pandangan penulis tentang barang yang diulasnya, (c) evaluasi yaitu berisi tentang pendapat penulis atau kritik penulis tentang objek yang diulas.
  6. Teks biografi adalah teks yang menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang dengan tujuan untuk mengetahui perjalanan hidup seseorang dan belajar dari pengalaman-pengalamannya. Struktur teks terdiri dari (a) orientasi yaitu menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadinya ; (b) rangkaian peristiwa yaitu menceritakan apa yang terjadi dan menceritakan urutan ceritanya; (c) klimaks yaitu konflik yang mencapai puncaknya; (d) reorientasi merupakan penutup cerita atau akhir cerita yang bisa berisi rangkuman cerita tokoh biografi atau pesan dan kesan penulis biografi.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar