Rabu, 05 Agustus 2015

Macam-macam Teks


  1. Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dengan tujuan menjelaskan mengapa dan bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi. Struktur teks terdiri dari : (a) pernyataan umum berisi tentang penjelasan umum fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena atau penjelasannya ; (b) rincian penjelasan berisi tentang penjelasan mengapa fenomena tersebut terjadi atau tercipta. rincian bisa berupa penjelasan berupa jawaban pertanyaan mengapa dan bagaimana ; (c) penutup atau kesimpulan merupakan bagian dari rincian penjelasan yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian rincian penjelasan.
  2. Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau cara melakukan aktivitas tertentu dengan tujuan untuk memberitahu pembaca cara melakukan atau membuat sesuatu. Struktur teks terdiri dari : (a) maksud dan tujuan berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan atau pengoperasian sesuatu; (b) alat dan bahan (material) berisi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu, tetapi bagian ini bersifat opsional ; (c) metode/langkah berisi langkah-langkah atau urut-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang diuraikan pada bagian maksud dan tujuan bisa tercapai. Langkah-langkah atau urut-urutan tersebut haruslah urut dari yang pertama hingga yang terakhir.
  3. Teks eksposisi yaitu karangan bersifat ilmiah/nonfiksi yang bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu masalah  yang perlu diperhatikan disertai dengan berbagai alasan yang mendukung. Struktur teks terdiri dari : (a) pernyataan pendapat (opini)  berisikan pendapat atau prediksi sang penulis yang berdasarkan sebuah fakta, (b) Argumentasi (alasan) berisikan fakta-fakta yang dapat mendukung   pendapat atau prediksi sang penulis, (c) Simpulan merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi.
  4. Teks tanggapan deskriptif adalah sebuah teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis. Stuktur teks terdiri dari : (a) deskripsi umum dan (b) deskripsi bagian
  5. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena baik alam maupun sosial yang berangkat dari fakta untuk kemudian menghasilkan kesimpulan umum Struktur Teks eksplanasiterdiri dari (a) Pernyataan umum berisi informasi singkat atau dasar-dasar argumen tentang peristiwa atau fenomena yang akan dibahas, (b) Deretan Penjelas  berisi penjelasan secara detail proses terjadinya peristiwa atau fenomena atau pembuktian kebenaran dengan menyajikan fakta, (c) Kesimpulan berisi ringkasan poin utama yang terjadi atau berupa interpretasi yaitu pendapat/pandangan penulis tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi. Bagian ini boleh ada atau tidak ada (opsional)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar