Senin, 22 Juni 2020

Teks laporan Hasil Observasi 7A



Ruellia Tuberosa
Image result for ruelllia      
     Ruellia Tuberosa adalah nama latin dari bunga kencana ungu. Tanaman ini banyak ditemukan di Florida sebelum 1993. Di Mexico, tanaman ini sering disebut Mexican Petunia. Bunga kencana ungu termasuk tumbuhan dikotil dan sekarang sudah banyak ditemukan di banyak tempat, termasuk Indonesia.
         Daun kencana ungu berbentuk bulat telur dengan ujung tumpul, tipis, permukaan daun rata, berwarna hijau, tepi daun rata, tulang daun menyirip. Daun memiliki ukuran panjang ±12 cm, lebar ± 5 cm, serta panjang tangkai daun ± 2,5 cm. Daun kencana ungu bisa yang digunakan untuk mengobati luka segar, gatal, gigitan serangga, penyakit kelamin, luka, tumor dan keluhan rematik dengan cara digiling menjadi pasta. 
       Bunga kencana ungu memiliki panjang ± 4-5 cm dengan tabung bunga yang panjangnya ± 5-6 cm dan memiliki banyak bagian. Pertama, mahkota bunga yang tipis, berwarna ungu muda, berbentuk setengah lingkaran, berjumlah 5 helai yang dasarnya menyatu membentuk tabung bunga. Mahkota bunga yang sudah layu akan terlepas dari dasar bunga. Kedua, satu buah putik yang berwarna putih agak keunguan dengan kepala putik pipih melebar serta tangkai putik yang panjangnya ± 3 cm. Ketiga,  benang sari yang berwarna putih dan berjumlah 4 buah dengan tangkai sari yang menempel pada dinding tabung bunga. Tangkai sari panjangnya ± 0,5 – 1 cm, sedangkan kepala sari/kotak sari berwarna putih dengan ukuran lebar  ±1mm dan panjang  ± 6mm. Keempat, kelopak bunga masih tetap ada hingga buah masak. Terakhir, serbuk sari yang berwarna putih, jumlahnya banyak, agak lengket sehingga proses penyerbukannya melalui bantuan serangga. 
      Batang bunga kencana ungu berbentuk segiempat tumpul, berwarna hijau keunguan,  permukaannya tertutup rambut-rambut yang halus dan pendek. Sedangkan, akarnya berupa akar tunggang yang berbentuk umbi.
             Buah kencana ungu berbentuk tabung dengan ujung meruncing dan panjang ± 2 – 3 cm. Buah yang masih muda berwarna hijau, sedangkan buah yang sudah masak berwarna cokelat. Jika buah yang sudah masak terkena air, akan meletus dan terlepas serta terlempar dari tangkainya. sementara itu, biji kencana ungu berbentuk bulat, pipih, dan berwarna cokelat.
           Bunga kencana memiliki kandungan senyawa kimia aktif, seperti alkaloid, triterpenoid/steroid, flavonoid, fenolik, saponin yang dapat menyebabkan keracunan pada ternak, kumarin, zat warna kuinon, serta apigenin dan luteolin yang terkandung dalam akar. Karena kandungannya, bunga ini dimanfaatkan untuk obat alternatif di berbagai dunia, misalnya di Srilanka dijadikan sebagai obat penyakit perut, di Suriname dijadikan sebagai obat cacing, obat nyeri sendi dan otot, obat pembersih darah, serta obat batuk rejan, di Indonesia dijadikan sebagai obat diabetes, kencing batu, obat luka/borok, serta obat rematik, dan di Grenada dijadikan sebagai obat demam, masuk angin, dan hipertensi. Secara umum, Ruellia Tuberosa bisa dimanfaatkan sebagai anti diabetes, antipiretik, analgesik, anti hipertensi, anti inflamasi, dan antioksidan. (Michael 7A dengan pengubahan)      


Anggrek Bulan
            Tanaman bunga anggrek bulan adalah salah satu tanaman yang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya berasal dari Maluku. Bunga anggrek bulan berasal dari Indonesia karena biasanya bunga ini tumbuh di daerah tropis, walaupun tidak dapat terkena sinar matahari langsung. Bunga anggrek bulan ini adalah salah satu tanaman monokotil yang memiliki nama latin “Phalaenopsis amabilis.”

            Bunga anggrek bulan ini memiliki beberapa bentuk daun yaitu bentuk oval dan memanjang. Tulang daun bunga anggrek bulan juga memiliki bentuk yang memanjang. Daun bunga anggrek bulan ini biasanya berwarna hijau dan memiliki ukuran 3-5 cm. Daun bunga ini tebal dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.

            Bagian bunga anggrek bulan adalah salah satu bagian yang paling spesial. Bunga anggrek bulan memiliki bentuk yang unik, yaitu simetri bilateral yang menyerupai serangga.  Bunga ini juga memiliki 3 buah mahkota (petal) dan 3 buah kelopak bunga (sepal). Bunga ini juga memiliki warna khas, yaitu warna putih. Selain keindahan bunga, bunga ini juga menarik karena bau harum yang dikeluarkan.

            Bunga anggrek bulan memiliki batang yang berbentuk lurus dan tebal. Batang bunga anggrek bulan ini juga hanya memiliki satu batang utama saja dan berwarna hijau. Tumbuhan anggrek bulan ini juga memiliki sifat monopodial.

            Bunga anggrek bulan memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat bunga anggrek bulan ini, antara lain mengatasi gangguan saraf, menyembuhkan nyeri sendi, menyembuhkan demam, dan menyehatkan mata. Selain untuk kesehatan, bunga ini dapat dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. (Angelina Sari Lioe 7A)





Image result for ruellia brittonianaRuellia Ungu
            Ruellia ungu (Ruellia Brittoniana) termasuk tanaman  dikotil yang berasal dari Meksiko, Kepulaan Karibia, dan Amerika Selatan.  Tanaman ini juga disebut mexican petunia dan dapat tumbuh sampai dengan 91 cm. Mexican petunia berbunga dari mulai musim semi sampai musim dingin dan perbanyakan tanaman ini bisa melalui biji atau dengan cara vegetatif melalui stek batang. 
         Tanaman ruellia ungu ini termasuk mudah untuk tumbuh pada kondisi lingkungan dengan intensitas cahaya matahari penuh atau dalam naungan sebagian. Selain itu, tanaman ini memerlukan iklim yang hangat dengan tanah yang berdrainase baik. Kondisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan ruellia ungu ini adalah tanah dengan kelembaban menengah hingga kelembaban  tinggi. 
            Daun ruellia ungu berbentuk lanset. Panjangnya bisa mencapai 15 sampai dengan 30 cm. Lebarnya bervariasi. Ada yang 1 cm, 1-3 cm, dan 9 cm. Daun Ruellia Ungu ini berwarna hijau
            Warna bunga Ruellia Ungu juga bervariasi. Ada yang dari warna biru metalik sampai dengan warna ungu. Bunga ini mempunyai 5 petal. Diameter bunga Ruellia Ungu ini biasanya 7,6 cm. Bunga ini berbentuk terompet.Tanaman ini mampu menarik kupu-kupu dengan bunganya yang atraktif. 
            Batang Ruellia Ungu berwarna cokelat. Batang Ruellia Ungu bervariasi panjangnya. Lebarnya juga berbeda beda. Tidak ada begitu banyak batang di Ruellia Ungu.
            Ruellia Ungu juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot, atau tanaman pembatas. 
            Ada banyak fungsi Ruellia Ungu. Ruellia Ungu dapat mengatasi diabetes mellitus, menjaga kesehatan saluran kemih, mengatasi peradangan, mengobati batu, mengatasi gatal, mencegah pendarahan, mengatasi demam, menekan gejala-gejala yang menyertai demam, dan masih banyak lagi. (Nicholas Alexis 7A)



Image result for bunga BATAVIABunga Batavia
Bunga jenis dicotyl ini bernama bunga batavia. Bunga batavia memiliki nama latin jatropha pandurifolia. Bunga ini berasal dari negara Kuba yang terletak di Karibia utara. Untuk dapat bertumbuh dengan baik, bunga ini butuh penyinaran dari matahari yang banyak dan kelembaban sedang.
Bentuk daunnya cukup bervariasi, ada yang bulat memanjang, dan ada pula yang berbentuk oval. Selain itu ada juga yang berbentuk seperti biola, bahkan ada yang ujung daunnya meruncing. Panjang dari daun tersebut bisa mencapai hingga 5-7cm. Daun bunga batavia biasanya berwarna hijau.
Bunga batavia berbentuk seperti bintang. Bunga ini biasanya berwarna merah atau merah muda. Bunga-bunga tersebut pun tumbuh berkelompok pada tangkai diujung ranting. Terdapat 5 jumlah sepal yang dimiliki oleh bunga ini.
Batang dari bunga batavia itu berkayu dan bergetah. Batang bunga ini berwarna coklat. Biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan bisa disebut dengan ramping. Pohon dari bunga batavia ini bisa mencapai hingga ketinggian 2m.
Bunga batavia ini memang cantik dan sering digunakan untuk tanaman hias. Berguna juga untuk dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah. Di taman, tanaman ini sering digunakan sebagai centre point dan tanaman pagar. Dan untuk memperbanyaknya adalah dengan mencangkok dan stek batang. (Renitanary 7A)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar