Kamis, 21 Januari 2016

Makna dan Pesan dari Gurindam 12 Pasal 6



           Gurindam berbunyi “ Cahari olehmu akan guru yang boleh tahukan tiap seteru “. Gurindam ini memiliki makna yang baik yakni carilah guru yang serba tahu dan tak menyembunyikan hal buruk. Kita  membutuhkan seorang guru / mentor yang dapat menjadi panutan hidup . Oleh karena itu kita harus mencari guru yang banyak pengetahuan dan dapat mengajarkan mana yang baik dan buruk. Mengapa kita membutuhkan guru ? Karena guru adalah orang yang dapat membantu dalam pengembangan diri kita. Sebagai manusia kita harus terus mengembangkan diri kita agar memiliki kepribadian seperti Tuhan.
            Gurindam berbunyi “ Cahari olehmu akan isteri yang boleh menyerahkan diri “. Gurindam ini memiliki makna yaitu istri yang baik adalah istri yang berbakti. Istri yang baik adalah istri yang selalu mencintai dan menghormati suaminya sampai maut memisahkan . Pesan ini sangat baik karena dapat menyadarkan para istri yang tidak menghormati dan menghargai suaminya untuk bertobat. Istri yang tidak menghargai suaminya dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi hancur dan berujung pada perceraian.
            Gurindam berbunyi “ Cahari olehmu akan abdi yang ada baik sedikit budi ”. Gurindam ini bermakna tentang pengikut, pembantu dan budak yang baik untuk diambil adalah abdi yang berbudi. Pengikut yang baik adalah pengikut yang selalu setia kepada tuannya dan tidak pernah meninggalkan dia. Hal ini sama seperti kita manusia sebagai pengikut Kristus yang harus selalu percaya pada – Nya  dan mengikuti dia sebagai pemimpin hidup kita. Selain itu pengikut Kristus juga selalu mengikuti apa yang diajari - Nya dan tidak mementingkan hal – hal duniawi.
            Gurindam berbunyi “ Cahari olehmu akan kawan pilih segala orang yang setiawan “. Gurindam ini memiliki makna tentang pertemanan yaitu carilah teman yang setia disaat kita senang maupun susah. Kita sebagai makhluk sosial membutuhkan teman untuk diajak berbagi. Teman yang setia adalah teman yang sangat asik untuk diajak berbagi. Pesan ini benar, tetapi kita juga tidak boleh membenci orang – orang yang mungkin sudah mengecewakan kita. Kita harus memaafkannya dan menjadi teman yang setia untuk dia.
            Gurindam berbunyi “ Cahari  olehmu akan sahabat yang boleh dijadikan obat “ . Makna tersirat yang ada dalam gurindam ini yakni sahabat setia yang akan  membantu kita. Hal itu berarti  kita harus mencari sahabat yang baik  yang selalu menemani di kala suka maupun duka. Pesan ini dapat menyadarkan banyak orang. Masih banyak sahabat yang hanya “ ada “ di saat suka. Mereka meninggalkan sahabatnya yang lagi kesusahan dan kembali di saat butuh bantuan. Marilah kita semua menjadi sahabat  untuk orang lain karena dengan ini kita akan menemukan sahabat sejati. (Richard 12 IPA1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar