Senin, 26 September 2016

PIDATO HARI SUMPAH PEMUDA



PIDATO HARI SUMPAH PEMUDA

            Yang saya hormati para orangtua dan yang saya kasihi siswa-siswi SMP se-jakarta. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Mari kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatNya sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia Seminar Hari Sumpah Pemuda karena sudah diberi kesempatan untuk berbicara di tempat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan pidato tentang pentingnya mengenal dan melestarikan keanekaragamaan budaya Indonesia agar tetap menjadi warisan bangsa Indonesia.
Bapak dan Ibu serta Adik-adik yang berbahagia, saya yakin kita mengetahui kapan pertama kalinya teks Sumpah Pemuda diikrarkan. Peristiwa Sumpah Pemuda dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 yang merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia. Isi pengakuan dari pemuda-pemudi tersebut adalah satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Makna dari teks Sumpah Pemuda adalah bahwa kita semua berbeda dan beragam tapi kita tetap satu yaitu Indonesia. Oleh karena keberagaman itu, kita memiliki banyak sekali budaya. Jadi untuk mempertahankan warisan budaya Indonesia kita harus mengenal dan melestarikannya.
Budaya adalah warisan dari nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya. Tanpa kita sadari, Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang sangat menarik. Budaya sangat penting untuk dijaga karena budaya di Indonesia dikenal sangat unik, juga dianggap sebagai identitas bangsa. Lalu budaya Indonesia merupakan harta yang tak ternilai bagi masyarakat Indonesia yang harus dipertahankan. Untuk mempertahankan budaya-budaya yang ada di Indonesia, kita harus mengenal dan melestarikannya. Bagaimana caranya agar budaya di Indonesia bisa tetap terjaga sebagai warisan turun-temurun?
Bapak/Ibu dan Adik-adik kita dapat melakukan beberapa hal untuk mengenal dan melestarikan budaya-budaya Indonesia. Pertama-tama kita harus mempunyai rasa untuk mau mengenal dan mengetahui budaya Indonesia lebih jauh. Kita dapat melakukan ini misalnya dengan mencari tahu informasi tentang budaya kita kepada guru, orangtua, teman-teman, dan yang paling banyak pastinya dari internet. Kedua kita dapat berpartisipasi aktif pada kegiatan-kegiatan mengenai budaya Indonesia seperti kontes menari tarian tradisional dan kompetisi drama tentang budaya Indonesia. Dengan cara ini, kita akan mendapat pengalaman-pengalaman yang baru, selain itu rasa cinta kita kepada budaya Indonesia akan bertambah. Cara yang ketiga adalah mengikuti komunitas-komunitas yang mempelajari atau melestarikan budaya Indonesia. Jika kita benar-benar ingin untuk lebih berperan aktif dan mengenal budaya Indonesia, kita dapat bergabung dalam komunitas-komunitas supaya kita dapat belajar hal-hal yang baru bersama mereka. Keempat, kita bisa mau mengajarkan budaya tersebut kepada orang lain. Setelah kita mengenal budaya-budaya Indonesia, kita harus menyebarkannya kepada saudara, teman, dan orang di sekitar kita supaya budaya Indonesia tetap dikenal oleh banyak orang. Kita juga dapat menyebarkan budaya Indonesia dengan cara memposting foto atau video ke media sosial supaya dapat dilihat orang dalam negri maupun luar negri. Terakhir, yang terpenting adalah kita harus menunjukkan rasa cinta kita kepada budaya Indonesia tanpa menjelek-jelekan negara lain.
Hadirin yang berbahagia, kita dapat menyimpulkan bahwa mengenal dan melestarikan budaya Indonesia itu sangat penting karena budaya adalah warisan tak ternilai dan identitas bangsa Indonesia. Lalu kita juga harus mempertahankan budaya kita supaya tidak menghilang atau diklaim oleh negara lain. Seperti yang dikatakan oleh Susilo Bambang Yudhoyono yaitu “Kebudayaan itu memancarkan keindahan. Dengan menjaga kebudayaan, Indonesia akan lebih harmonis dan seimbang”, mari kita semua mulai untuk mempunyai rasa cinta pada budaya kita supaya kita semakin mengenal dan dapat melestarikan budaya Indonesia!
Demikian sambutan dari saya. Saya memohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda. Harapan saya agar budaya semakin terlestari sampai akhir hayat dan kita semakin mengetahui pentingnya mengenal budaya Indonesia. Akhir kata, saya mengucapkan selamat pagi dan terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.
Dengan mengucapkan kata ‘Budaya Indonesia’ bersama, seminar Hari Sumpah Pemuda saya buka. (Jerhemy Owen 9A SMP Dian Harapan Daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar