Senin, 26 September 2016

PIDATO SAMBUTAN HARI LINGKUNGAN HIDUP



PIDATO SAMBUTAN HARI LINGKUNGAN HIDUP


Yth. para orangtua dan yang terkasih siswa-siswi SMP se-Jakarta
Selamat pagi dan salam sejahtera.

            Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya pada hari ini, kita dapat berkumpul bersama pada seminar tentang lingkungan hidup dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia seminar karena sudah memberikan waktu dan tempat kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai lingkungan hidup.

            Hadirin sekalian, kita menyadari bahwa lingkungan adalah tempat yang menggantungkan hidup bagi kita semua. Maka kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik supaya bumi kita ini dapat menguntungkan manusia, sehingga tidak akan menimbulkan kerugian atau bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak menimbulkan kerugian adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan.

            Sebelum kita mengetahui cara menjaga kebersihan lingkungan kita harus mengetahui terlebih dahulu arti dari lingkungan hidup. Menurut UU no.23 tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan, kesejahteraan manusia, serta makhluk hidup lainnya. Maka dari definisi tersebut, kita memahami bahwa lingkungan hidup ini dapat dipengaruhi oleh perilaku kita terhadap alam sekitar. Maka kita sebagai makluk hidup yang memiliki sifat kepedulian terhadap alam, seharusnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan kita supaya kita dapat melestarikan sumber daya alam untuk kebutuhan kita sehari-hari.

            Meskipun demikian, ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan masalah dalam menjaga lingkungan hidup ini. Salah satunya adalah ketidakpedulian masyarakat terhadap keadaan lingkungan  sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan lingkungan menjadi tidak bersih sehingga tidak lama kemudian, sumber daya alam seperti air, udara, dan tanah dapat tercemar oleh sampah-sampah yang dibuang secara sembarang sehingga menimbulkan faktor lain, yaitu banjir maupun polusi. Awalnya, hujan akan turun lalu mengalir ke dalam saluran yang membawakan air tersebut ke got. Tetapi, jika sampah-sampah dibuang secara sembarang di jalanan, maka air tersebut akan mengalirkan sampah tersebut ke saluran got sehingga saluran tersebut akan terhambat.

            Faktor lain selain ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan, adalah polusi. Polusi adalah
masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam. Polusi yang dapat terjadi dalam sebuah lingkungan ada banyak, seperti polusi air, tanah, dan udara, terutama di daerah perkotaan. Polusi-polusi tersebut dapat disebabkan oleh kelakuan di antara lain, membuang sampah sembarangan, limbah rumah tangga, pembuangan karbon yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor, atau banyaknya rumah kumuh di sekitar sungai.
            Masalah yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan tidak hanya mempengaruhi keadaan alam sekitar saja, tetapi bisa juga mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Kerusakaan lingkungan dapat mengurangi efisiensi waktu kerja kita dan juga menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat kita mengalami bencana alam. Contohnya adalah ketika hujan banyak sampah menghambat saluran got, maka banjir akan terjadi. Lalu banjir dapat mengakibatkan macet yang mengurangi efiensi waktu kerja.

            Setiap masalah tentunya memliki solusi. Maka saat kita mengetahui bahwa kerusakaan lingkungan sudah terjadi, kita dapat melakukan berbagai macam cara untuk melestarikan kebersihan lingkungan. Salah satunya itu dengan melakukan konservasi terhadap lingkungan seperti mengikut serta dalam gotong royong, membuang sampah pada tempatnya, dan penghijauan lingkungan. Menurut KBBI, konservasi adalah pemeliharaan dan pelindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakaan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian. Dengan melakukan konservasi, kita dapat melindungi serta menjaga kebersihan lingkungan karena jika tidak, maka banyak masalah akan terjadi dalam sebuah lingkungan seperti polusi atau banjir.

            Supaya konservasi dapat diselenggarakan dalam suatu lingkungan, masyarakat sekitar harus memiliki rasa kepedulian terhadap keadaan lingkungan sekitar dengan melakukan penghijauan lingkungan, atau penanaman kembali pohon-pohon serta tanaman yang telah dipotong. Keuntungan yang didapatkan jika masyarakat melakukan penghijauan kembali adalah lingkungan akan semakin hijau dan pohon-pohon tersebut akan menghasilkan oksigen bersih sehingga udara sekitar menjadi bersih. Maka kita harus menyadari bahwa jika kita umat manusia menunjukan rasa kepedulian terhadap lingkungan, kita dapat merubahkan sifat buruk yang terdapat dalam lingkungan.(Michelle 9B SMP Dian Harapan Daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar