Senin, 26 September 2016

Teks Laporan Hasil Observasi



Perpustakaan SMP dan SMA Dian Harapan Daan Mogot

            Perpustakaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya atau koleksi buku, majalah, dan bahan perpustakaan lain yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, atau dibicarakan. Menurut www.kajianpustaka.com, perpustakaan merupakan kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.
            Sementara, tujuan dari perpustakaan menurut  Sutarno NS adalah untuk menyediakan fasilitas dan sumber informasi dan menjadi pusat pembelajaran, sedangkan menurut sumber lain (Lasa), perpustakaan bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca dan tulis, mengenalkan teknologi informasi, membiasakan akses informasi secara mandiri, dan menumpuk bakat dan minat.
Selain tujuan, perpustakaan juga memiliki banyak jenis. Jenis-jenis perpustakaan menurut sites.google.com adalah: Perpustakaan Nasional (National Library), Perpustakaan Umum (Public Library), Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library), Perpustakaan Khusus (Special Library), Perpustakaan Wilayah, Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Sekolah (School Library).
            Setiap sekolah pasti memiliki perpusatakaan, seperti halnya Sekolah Dian Harapan.  Sekolah Dian Harapan memiliki 2 perpustakaan yaitu perpustakaan junior yang terletak di lantai 2 bangunan sekolah dasar, dan perpustakaan senior pada lantai 3 bangunan senior SDH-DM. Perpustakaan senior SDH DM terletak tepat di atas kolam renang dan di bawah kantin senior Sekolah Dian Harapan.  Perpustakaan senior Sekolah Dian Harapan dapat diakses melalui 2 pintu,  yakni pintu yang tersambung dengan lantai 2 gedung senior dan pintu yang tersambung dengan tangga hijau yang dapat digunakan dari lapangan basket dalam sekolah. Perpustakaan ini berukuran 24 x 18 m2.
            Perpustakaan senior SDH-DM memiliki suasana yang sangat tenang dan nyaman. Kenyamanan perpustakaan ini didukung oleh fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalamnya. Perpustakaan senior Sekolah Dian Harapan dilengkapi dengan 8 AC, 44 jendela luar, 29 kaca dalam perpustakaan, dan 4 lukisan. Selain itu, terdapat fasilitas-fasilitas lain yaitu 42 meja, 82 kursi, 6 sofa membaca yang tersebar di seluruh perustakaan, 29 rak yang dipenuhi buku-buku yang) tersusun rapi, 2 jam dinding, 20 lampu panjang, 16 lampu bulat, ruangan guru, ruangan audio visual, ruangan diskusi, dan 1 fire hydrant untuk berjaga-jaga jikalau terjadi sebuah kebakaran.
            Ruangan guru adalah sebuah ruangan di dalam perpustakaan senior SDH-DM yang tidak boleh dimasuki oleh murid. Dengan kata lain, ruangan itu digunakan khusus oleh para guru untuk mencari informasi mengenai materi pembelajaran. Selain ruangan guru, juga terdapat ruang audio visual yang digunakan sebagai tempat untuk menonton film dengan tenang. Di dalam ruang audio visual terdapat 4 speaker, 1 DVD, 1 proyektor, dan 23 kursi. Satu lagi ruangan terpisah yang disediakan oleh perpustakaan senior SDH-DM adalah discussion room atau ruang diskusi. Ruangan ini dapat digunakan oleh murid untuk mengerjakan tugas dengan tenang.
            Perpustakaan senior SDH-DM dapat diakses pada pukul 07.15 hingga 15.00 pada hari efektif sekolah (Senin-Jumat) dan tutup pada hari-hari libur.  Ketika masuk ke dalam perpustakaan dari pintu pertama (dari gedung senior), maka hal pertama yang akan terlihat adalah circulation area atau area sirkulasi. Area ini adalah tempat peminjaman dan pengembalian buku dalam perpustakaan. Setelah itu, kita dapat ditemukan 3 rak barang yang dibagi menjadi 4 kotak untuk meletakkan segala jenis tas dan bahan pangan. Jika melihat ke sebelah kanan, akan terlihat sebuah lemari kaca yang mengandung buku-buku baru di dalam perpustakaan. Jika lurus terus, maka kita akan sampai pada bagian dalam dari perpustakaan dengan banyak meja dan kursi untuk berdiskusi,  banyak rak buku di bagian sebelah kiri perpustakaan, dan sofa untuk membaca. Buku-buku pada perpustakaan senior SDH-DM tersusun dengan rapi berdasarkan jenis buku serta kode-kode yang ditempelkan pada setiap rak untuk klasifikasi buku. Kode 000-099 digunakan untuk buku-buku mengenai ilmu computer (computer science), informasi, dan karya umum, 100-199 untuk buku filosofi dan psikologi, 200-299 untuk buku yang berbau keagamaan dan mitologi, 300-399 untuk buku-buku mengenai ilmu sosial dan cerita rakyat, 400-499 mengenai Bahasa, 500-599 untuk ilmu sains dan matematika, 600-699 untuk teknologi, 700-799 untuk buku-buku kesenian dan penghiburan, 800-899 untuk sastra (literature), dan kode 900-999 untuk buku-buku sejarah dan georafi. Bagian sebelah kanan perpustakaan yang disebut sebagai “Teachers Area” adalah area yang digunakan oleh guru sehingga murid tidak boleh memasukinya.
Peraturan perpustakaan SDH-DM yang harus ditaati yaitu jika mengunjungi harus mengisi visitor form, meletakkan segala jenis tas dan makanan serta minuman di tempat yang telah disediakan, membawa ID card (kartu identitas murid) untuk meminjam atau mengembalikan buku, dan untuk menggunakan komputer, mengembalikan buku yang telah dibaca ke tempat yang disediakan, dan mematikan computer setelah selesai pengunaannya. Juga terdapat beberapa hal yang harus diketahui mengenai keanggotaan dalam perpustakaan senior Sekolah Dian Harapan Daan Mogot yaitu: keanggotaan perpustakaan boleh digunakan atau dan terbuka bagi semua murid, guru, dan staff Sekolah Dian Harapan. Semua murid memiliki keanggotaan dari perpustakaan. ID card digunakan sebagai katu perpustakaan, dan kartu perpustakaan tidak dapat ditransfer selama murid teregristasi di departemen.


            Perpustakaan senior Sekolah Dian Harapan Daan Mogot memperbolehkan buku untuk dipinjam, tetapi ada beberapa informasi dan langkah-langkah yang harus diketahui yaitu bahwa peminjaman buku dari perpustakaan diperbolehkan hanya pada waktu istirahat murid dan data dikembalikan pada jam-jam sekolah. Jumlah buku yang boleh dipinjam oleh murid pada tingkat pendidikan mereka. Anak-anak kelas 1 SD hanya dapat meminjam 1 buku, sedangkan anak kelas 2-12 dapat meminjam 2 buku. Staff sekolah dapat meminjam 7 buku, dan guru-guru dapat meminjam buku dengan jumlah yang tidak terbatas. Seorang guru dapat meminjam buku selama 3 bulan, 6 bulan, ataupun 1 tahun pelajaran. Murid-murid diberi waktu peminjaman selama 2 minggu. Masa peminjaman buku dapat diperpanjang sebanyak 2 kali, tetapi harus dikembalikan setelah itu. Jika terlambat mengembalikan buku, murid akan diberikan denda sebanyak Rp 1,000,- per hari sekolah (Sabtu dan Minggu tidak terhitung denda). Saat buku yang dipinjam rusak ataupun hilang, murid dapat memilih untuk membeli buku yang identik atau untuk membayar 2x harga buku yang hilang kepada pihak sekolah.
            Koleksi buku yang disediakan oleh perpustakan senior SDH-DM cukup lengkap karena sekitar 40 buku baru yang ditambahkan oleh perpustakaan setiap bulannya. Pada tahun 2013, terdapat 12,104 buku di dalam perpustakaan yang dibagi menjadi Fiksi Indonesia (982 buku), Fiksi Inggris (2941 buku), Non-fiksi Indonesia (2543 buku), Non-fiksi Inggris (1991 buku), Referensi (537 buku), Audio visual (508 buku), dan Teachers Resource (2602 buku) yang tidak boleh dibaca oleh murid. Dengan perhitungan kasar, pada tahun ini terdapat 13,554 buku di dalam perpustakaan. Selain lengkap, buku-buku dalam perpustakaan senior SDH-DM juga beragam. Perpustakaan ini menyediakan buku fiksi, non-fiksi, dongeng, cerita rakyat, fabel, biografi, misteri, puisi, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, perpustakaan senior SDH-DM menentang dimasukkannya buku-buku horor, sihir, percintaan dewasa, misteri yang mengandung horror, dan kekerasan berat.
            Walaupun bisa dikatakan bahwa perpustakaan senior SDH-DM sudah cukup baik, masih terdapat beberapa kekurangan yang terlihat seperti ketidakhadiran tempat sampah dan wifi yang seringkali bersifat mati-nyala. Di luar faktor-faktor tersebut, perpustakaan ini nyaman dan sangat bermanfaat sebagai tempat untuk mencari ilmu ataupun hiburan bagi seluruh anggota Sekolah Dian Harapan Daan Mogot. (Sofia 10-7 SMA Dian Harapan daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar