Senin, 26 September 2016

Teks Laporan Hasil Observasi



Kantin Sekolah Dian Harapan Daan Mogot
             
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi kantin adalah ruang tempat menjual minuman dan makanan (di sekolah, di kantor, di asrama, dsb). Kantin berperan penting karena praktis dan efektif untuk mencari makanan. Harga makanan-makanannya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan makanan di restoran. Kantin yang ideal memiliki makanan sehat dengan harga terjangkau, kondisinya bersih, menarik, tenang, dan tertib. Kantin bisa berada di kantor, di rumah sakit, di asrama, dan di sekolah.

Kantin yang berada di sekolah bertujuan untuk memudahkan para siswa yang tidak sempat mengemas bekal dalam mencari makanan dengan harga yang cukup murah. Oleh karena itu, diharapkan setiap kantin dapat menyediakan makanan sehat yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi para siswa. Dengan adanya kantin, para siswa dapat menghindari membeli makanan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan bahan pembuatan serta kebersihannya. Selain merupakan tempat untuk makan, kantin juga dapat menjadi tempat untuk berkumpul bersama dengan teman-teman. Suasana kantin yang ramai, terutama di sekolah, kerap kali disebabkan keseruan pembicaraan para murid.
 
Sekolah Dian Harapan memiliki dua kantin, kantin senior dan kantin junior. Prosedur yang diterapkan di kedua kantin tersebut tentunya adalah mencuci tangan serta berdoa sebelum makan, mengantre untuk membeli makanan, mengembalikan piring yang telah dipakai ke tempat yang telah disediakan, serta membersihkan meja dan membuang sampah.

Kantin Junior berada di lantai satu di dekat koridor SD. Kantin tersebut telah ada sejak sekolah dibangun pada tahun 2005. Kantin tersebut lebih diminati oleh para siswa SD karena selain banyak siswa yang mengambil antaran makanan, kantin tersebut  dekat dengan ruang kelas mereka.

Fasilitas yang ada di Kantin Junior antara lain memiliki 4 buah kipas angin, 2 buah wastafel, 6 tempat sampah yang terbagi menjadi tempat sampah biasa dan tempat sampah khusus untuk daur ulang, dan 8 rak untuk tempat penitipan bekal.

Kantin junior menyediakan 5 stan, yaitu stan ‘Kantin Deciko’, stan ‘Kantin BoBoHut’, stan ‘Kantin Berkat”, stan ‘Kantin Bulan’, dan stan ‘Kantin Japanese Food’. Kantin Deciko menjual mie, bihun, kwetiau,dan nasi tim. Kantin BoBoHut menjual roti bakar, es krim goreng, snack, dan minuman kemasan. Kantin Berkat menjual lauk-pauk seperti tumis jamur, capcay, daging kecap, sop jagung, dan siomay. Kantin Bulan menjual gorengan, cumi bakar, bihun, ayam goreng, dan lain-lain. Kantin Japanese Food menjual berbagai makanan Jepang seperti onigiri, ramen, chicken katsu, dan makanan lain seperti burrito, dan nasi goreng. Masing-masing stan ini memiliki satu kontainer yang merupakan tempat untuk meletakkan piring kotor. Makanan serta minuman yang ada di kantin junior harganya berkisar dari Rp 2.000,- hingga Rp 18.000,-.

Harga makanan yang disediakan Kantin Junior memang lebih murah, tetapi kantin ini terasa sempit karena jarak antar meja sangat dekat. Kantin ini dinilai kurang nyaman karena
udaranya panas sebab jendela besar hanya ada pada dua sisi kantin sehingga angin yang masuk kurang, Saat istirahat meja-meja serta kursi-kursi di kantin seringkali kotor karena tumpahan makanan, serta sampah-sampah plastik di atas meja. Ini membuat kenyamanan kantin buruk. Beberapa meja dan kursi yang ada di kantin pun sering bermasalah sehingga goyang karena kondisinya memang tidak sebagus saat masih dibeli, tetapi belum ada kerusakan berarti yang mengakibatkan pihak sekolah perlu mengganti meja dan kursi yang ada.

Kantin Senior terletak di atas kolam renang dan dapat dicapai melalui lantai tiga. Kantin ini baru berdiri selama beberapa tahun karena pembangunannya dilaksanakan setelah adanya kolam renang pada 2008. Kantin ini dibuat untuk para siswa SMP dan SMA, walaupun banyak juga siswa SD yang menghabiskan waktu istirahat di kantin ini. Biasanya, kantin senior lebih diminati karena terkesan luas, sejuk, dan pilihan menu lebih bervariasi.  

            Fasilitas yang ada di Kantin Senior antara lain 6 buah kipas angin, 3 buah wastafel, dan 4 tempat sampah yang terbagi menjadi tempat sampah biasa dan tempat sampah khusus untuk daur ulang.

Kantin senior menyediakan 4 stan. Stan yang berada di sebelah paling kiri adalah stan ‘Baso Gepeng Fantasy’. Stan ini menjual bermacam-macam dagangan seperti bakso, batagor, siomay, dan berbagai jenis minuman, baik minuman kaleng maupun minuman yang dibuat sendiri. Stan yang berada di sebelahnya adalah ‘Bless Canteen’. Stan ini menjual lauk-pauk sehari-hari seperti bihun, lapchiong, gorengan, soto, bubur, dan minuman seperti jus, minuman kemasan, hingga es krim. Stan yang ketiga adalah ‘Kantin Ci Vera’ yang menjual Chinese Food seperti capcay, ayam madu, sambal kentang, telur kecap, sosis bakar, dan terkenal dengan es krimnya yang memiliki berbagai varian. Stan terakhir dan yang paling baru adalah ‘Kantin Hoki’. Stan ini menjual soto mie, spaghetti, jamur goreng, ayam teriyaki, cah kalian, dan menjual berbagai minuman botol serta es krim. Masing-masing stan ini juga memiliki satu kontainer sebagai tempat untuk meletakkan piring kotor. Makanan serta minuman yang ada di kantin senior harganya berkisar dari Rp 2.000,- hingga Rp 20.000,-.

Kantin ini suasananya sejuk dan nyaman karena terletak di ruangan terbuka. Akan tetapi, seringkali setelah istirahat meja-meja yang ada di kantin kotor dan basah, dan sampah di mana-mana. Banyak pula siswa-siswi yang tidak mengembalikan piring kotor ke tempat seharusnya. Padahal, setiap  istirahat ada guru yang ditugaskan mengawasi murid-murid di kantin. Ini menunjukkan kelakuan para siswa yang tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab. Beberapa meja dan kursi yang ada di kantin ini juga banyak yang goyang, tetapi belum ada kerusakan besar yang mengharuskan pihak sekolah untuk mengganti meja dan kursi yang ada.

Sekarang ini kantin sangat dibutuhkan di mana-mana karena perannya yang sangat penting. Kantin diminati karena menyediakan makanan dengan harga yang lebih murah daripada restoran. Apalagi di sekolah, para murid dengan uang jajan yang terbatas dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dengan baik. Keberadaan kantin secara tidak langsung dapat mengajarkan ilmu gizi pada para guru dan murid. Kantin merupakan bukti nyata dari pentingnya nutrisi bagi anak. Kantin di Sekolah Dian Harapan terbukti berfungsi dengan baik, terlihat dari kualitas makanan dan fasilitasnya.  (Fayola 10-7 SMA Dian Harapan Daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar