Senin, 26 September 2016

Teks Laporan Hasil Observasi



Kantin Sekolah Dian Harapan Daan Mogot
Kantin berasal dari bahasa Belanda kantine yang artinya adalah sebuah ruangan dalam sebuah gedung umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli di sana. Makanan yang disediakan kantin haruslah bersih dan halal. Jenis-jenis makanan yang disediakan pun minimal harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Biasanya para pembeli harus mengantri dalam sebuah jalur yang disediakan untuk membeli makanan. Kantin sendiri juga memiliki prosedur dan peraturan yang harus diikuti oleh pengunjungnya. Kantin biasanya berada di sekolah-sekolah, sebagai tempat bagi para murid untuk makan.
Jika dilihat, kantin memiliki banyak fungsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan pangan siswa dan guru, tempat menjual makanan dengan harga yang lebih murah, sebagai tempat berkumpulnya siswa-siswi saat istirahat, memajukan ekonomi sekolah, dan sebagai penyalur barang-barang produksi. Kantin menjual makanan dengan harga yang lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan makanan yang dijual di tempat makan lainnya. Murid sering menganggap kantin sebagai tempat untuk berkumpul. Oleh sebab itu, kantin seringkali ramai disebabkan oleh obrolan siswa. Sekolah Dian Harapan, memiliki 2 buah kantin yaitu kantin senior dan kantin junior.
Kantin senior Dian Harapan Daan Mogot, terletak di bagian atas kolam berenang dan perpustakaan yang terlatak di sebelah lapangan basket. Kantin juga berhadapan dengan koridor kelas Bahasa Indonesia, yang terletak di gedung SMA. Kantin berbentuk terbuka dengan atap kanopi diatasnya. Terdapat 2 cara untuk mengakses kantin. Cara pertama adalah dengan naik tangga di samping kolam berenang. Cara yang kedua adalah dengan naik tangga melewati koridor SMA di lantai 3. Kantin memiliki lantai keramik dengan pola gradasi putih krem. Kantin senior ini, digunakan oleh siswa-siswi SMP dan SMA. Sesampainya di kantin, kalian akan menghadapi aroma makanan yang lezat, juga pemandangan meja dan kursi di sepanjang kantin. Kantin senior memiliki 33 buah meja dan 65 kursi yang digunakan. Sementara itu, terdapat 2 kursi yang tidak digunakan. Meja dan kursi berbentuk panjang dengan warna biru. Kantin Senior juga memiliki 3 wastafel untuk mencuci tangan. Tetapi hanya 2 yang berfungsi.
Kantin diterangi dengan 21 buah lampu dan dilengkapi dengan 6 kipas angin.  Oleh sebab itu, keadaan kantin selalu segar dan tidak panas, juga memiliki penerangan yang baik. Kebersihan kantin juga terjaga dengan adanya 4 tempat sampah yang disebar di kantin. Kantin mendukung adanya sistem daur ulang dengan menyediakan tempat sampah khusus untuk menaruh botol plastik bekas. Meja dan kursi kantin selalu dibersihkan usai jam makan oleh petugas kebersihan. Kantin dilengkapi dengan bel kebakaran dan alat pemadam api yang digunakan dalam saat berbahaya. Kantin juga dilengkapi dengan CCTV (kamera) untuk mengawasi aktivitas murid yang sedang makan di kantin.
Kantin senior, buka pada pukul 07:30 pagi dan tutup pada pukul 3:30 siang. Kantin mulai dibersihkan pukul 1:30, jam terakhir makan murid SMA. Di kantin senior, terdapat 4 buah stand yang menjual berbagai macam makanan. Stand pertama adalah Kantin Hoki yang dimiliki oleh Bu Yanti. Kantin ini, menjual makanan Indonesia dan Chinese food yang beranekaragam. Berikutnya terdapat Bless Canteen yang dimiliki oleh Tante Lala dan Bu Iwan. Bless Canteen menjual makanan  Indonesia dan es krim. Juga Kantin Ci Vera yang menjual beranekaragam makanan juga krupuk yang diberikan secara gratis. Terakhir, adalah stand Bakso Fantasi yang dimiliki oleh Bu Heni dan Bu Silpi. Stand ini menjual makanan Palembang seperti pempek dan lenggang. Juga makanan lainya seperti bakso, mie, batagor, dan siomay. Setiap stand memiliki kulkas masing-masing yang menjual berbagai jenis minuman. Di depan setiap stand, terdapat container untuk menaruh piring kotor yang sudah digunakan. Para murid yang sudah selesai makan dengan mandiri akan menaruh piring kembali ke tempatnya.
Kantin junior Dian Harapan Daan Mogot  terletak di lantai 1. Letaknya berada di depan koridor SD kelas 1, juga di samping lapangan basket. Kantin ini, memiliki satu akses pintu masuk yaitu lewat koridor drop-off SD. Kantin junior digunakan oleh anak-anak 1-6 SD untuk makan. Kantin junior, dilengkapi dengan 30 meja panjang serta 58 buah kursi untuk makan. Kantin junior, dilengkapi dengan 7 buah kipas yang membuat kondisi kantin tetap segar dan nyaman. Selain itu, kantin juga memiliki 6 buah tempat sampah, sehingga sampah pun tidak berserakan dengan sembarangan. Kantin juga dibersihkan secara rutin oleh petugas kebersihan sehingga kebersihannya terjaga. Kantin dilengkapi dengan 2 wastafel yang memiliki kaca. Kantin buka pukul 07:30 dan tutup pada pukul 3:30. Di kantin junior, juga terdapat ruang penyimpanan untuk menyimpan barang-barang olahraga.
Kantin junior memiliki 5 buah stand yang menjual berbagai macam makanan yang beranekaragam. Stand pertama adalah Bakmi Deciko yang dimiliki oleh Bu Linda dan Om Halim, yang menjual bakmi, bihun, pangsit, nasi tim, dan bakso kuah. Stand berikutnya adalah Japanese Food yang menjual berbagai ragam makanan Jepang. Berikutnya adalah Kantin Berkat dan Kantin Bulan yang menjual berbagai macam makanan Indonesia. Terakhir adalah BoboHut yang menjual berbagai macam makanan ringan seperti roti bakar, jus, biskuit, burger, dan masih banyak lagi. Stand BoboHut juga menjual minuman dingin. Setiap makanan dan minuman yang dijual, memenuhi 4 sehat 5 sempurna sehingga kesehatan dan konsentrasi siswa dalam belajar menjadi lebih baik.
 Kantin dilengkapi 5 rak untuk tempat makan yang diantar atau ditaruh untuk siswa makan. Makanan dapat diantar oleh orangtua pada jam-jam sebelum murid mengadakan makan siang. Jam pengantaran makanan terakhir adalah pukul setengah 12 atau 11:30 siang hari. Makanan yang diantar berupa makanan untuk murid SD, SMP, dan SMA.
Kedua kantin memiliki peraturan yang kurang lebih sama. Pertama adalah kita harus mencuci tangan sebelum makan. Setelah itu kita harus berdoa dan merasa bersyukur atas makanan yang kita terima. Dalam memesan makanan kita harus mengantri dengan tertib dan tidak menyerobot. Kemudian kita harus berbicara dengan suara normal, tidak berteriak-teriak secara sembarangan. Kita harus mengembalikan piring dan alat makan lainnya pada tempatnya. Tidak lupa juga menaruh sampah bekas makanan atau minuman ke dalam tempat sampah. Tinggalkan meja dalam keadaan bersih dan jangan sampai ada barang yang tertinggal.
Jika dibandingkan, kantin senior memiliki ukuran yang lebih besar. Kantin senior juga bersifat outdoor sehingga suasananya pun lebih segar dibandingkan dengan kantin junior yang bersifat tertutup. Akan tetapi, kantin junior memiliki variasi makanan yang lebih lengkap dan beragam. Demikianlah kondisi kantin Sekolah Dian Harapan Daan Mogot. Kantin yang ada harus memenuhi standar kebersihan juga kesehatan makanan. Menurut saya, kantin Dian Harapan sudah memenuhi seluruh hal tersebut. Kebersihan juga dilengkapi dengan inisiatif siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan di kantin dan mengembalikan piring pada tempatnya.(Joseph Andrew 10-8 SMA Dian Harapan Daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar