Senin, 28 September 2015

Tanggung Jawab




Prolog
Rupertus, Tristan, Raka, Dan amadeo Bersahabat sejak mereka bertemu di bangku Sekolah Dasar. Rupertus dan Tristan gemar bermain basket tetapi, Mereka selalu lupa dan malas untuk  belajar dan mengerjakan PR. Raka dan Amadeo juga gemar bermain basket tetapi mereka tetap mengutamakan pendidikan karena merka bercita-cita untuk menjadi seorang Dokter. Sekarang mereka semua sudah duduk di bangku SMP Sekolah Dian Harapan

Babak 1
Pada saat sedang belajar IPA di kelas guru mereka menjelaskan bahwa akan ada tugas kerja kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat orang dan ditugaskan untuk membuat sebuah poster tentang melestarikan lingkungan dan harus dikumpul lusa.

Adegan 1
Setelah itu, mereka pun membuat kelompok dan mulai membahas.

Raka                : “woi jadi gimana nih?”

Rupertus        : “Gimana kalo kalian berdua yang bikin terus aku sama Tristan main basket aja”

Amadeo          : “Jangan gitulah Per”

Rupertus        : “iya aku cuman becanda”

Tristan            : “Gimana kalo kita ngumpul ke rumah Amadeo jam 7 setelah kita   main basket di lapangan citra 2”

Raka                : “Jangan nanti kemalaman”

Rupertus        : “Gimana kalo kita ngumpul jem 4 di rumah Amadeo”

Amadeo          : “Yasudah kita main jem 12 terus ke rumah aku jem 4”

Adegan 2

            Pada esok hari, mereka pun bertemu dilapangan dan bermain selama 3 jam dan akhirnya beristirahat.  
           
Raka                : “Wah ternyata kita sudah main selama 3 jam”

Amadeo          : “Gak berasa ya kalo main basket”

Rupertus        : “Lanjut lagi yuk”
           
Tristan            : “Yuk main lagi”

Raka                : “Aku pulang dulu ya mau mandi”

Amadeo          : “Aku juga pulang dulu ya”

Raka                : “Kalian jangan kelamaan ya mainnya nanti mana lupa lagi”

Rupertus        : “Tenang nanti aku yang ingetin aku kan gak mungkin lupa”

Tristan            : “Iya Pertus kan hebat dia gak mungkin lupa”


Adegan 3
           
Setelah bermain selama satu jam mereka pun beristirahat dan bersiap–siap untuk segera pulang.

Rupertus        : “Oh iya kita lupa ke rumah Amadeo”

Tristan            : “bener juga gimana nih”

Rupertus        : “udahlah biarin aja nanti juga mereka bikin”

Tristan            : “Bener juga ya yasudah  aku pulang dulu ya”

Rupertus        : “Yasudah aku masih mau main sebentar”

Tristan            : “Sampai jumpa”

Rupertus        : “Sampai jumpa juga”


Adegan 4

Pada pukul 4 Raka pun sampai di rumah Amadeo.

Raka                : “Hai Amadeo”

Amadeo          : “Hai, Kamu cuman sendiri”

Raka                : “Emangnya yang lain belum dating”

Amadeo          : “Belum kayaknya sih mereka lupa”

Raka                : “Yasudah kita bikin dulu aja “

Amadeo          :“oke tapi besok kita jangan ingetin mereka untuk pelajari posternya”

Raka                : “Kenapa?”

Amadeo          : “Biar mereka tobat dan tidak melakukannya lagi”
Raka                : “kalo gitu aku setuju”

Babak 2

            Pada esok harinya mereka semua pun bertemu di sekolah.Mereka mulai bermain basket dengan sesame tetapi Raka dan Amadeo tetap diam tentang tugas kerja kelompok. Setelah mereka selesai mereka pun berjalan ke ruang kelas IPA dan mulai belajar .

Adegan 1
           
            Setelah belajar kelompok mereka pun dipanggil untuk presentasi.

Rupertus        : “Weh posternya udah jadi belom”

Raka                : “udah kok”

Tristan            : “Liat dong kita belom pelajari posternya”
           
Amadeo          : “mana sempat kita kan udah disuruh maju”

Rupertus        : “Yasudahlah presentasi doang ini”

Adegan 2

            Setelah presentasi  mereka pun kembali ke bangku masing-masing

Raka                : “Jadi gimana tadi presentasinya”

Amadeo          : “Aku sih lancar-lancar aja”

Rupertus        : “Aku sih nggak aku terlalu gugup”

Tristan            : “Aku juga gak lancer”

Raka                : “Makanya jangan main melulu”                            

Amadeo          : “Kita lanjut percakapannya setelah sekolah aja”


Adegan 3

            Setelah pulang sekolah mereka pun melanjut percakapannya.

Raka                : “Makanya lain kali jangan main melulu”

Tristan            : “Iya aku mengerti”

Rupertus        : “Iya aku juga mengerti”

Amadeo          : “Kalo gitu lain kali jangan diulang lagi ya”

Rupertus        : “Iya”

Tristan            : “Iya”

Amadeo          : “Janji ya kalian”


Epilog

            Sejak hari itu mereka pun bertobat dan nilai mereka meningkat. Mereka berempat menjadi lebih dekat dan lebih sering belajar. Mereka semua menjadi dapat membagi waktu belajar dan bermain dengan baik sehingga mereka dapat mempertahankan nilai mereka. (Melchior 8H SMP Dian Harapan Daan Mogot)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar