Kamis, 22 Oktober 2015

Memperbaiki Diri



Prolog:
Empat orang sahabat memiliki hobi bermain olahraga, mereka bernama Rafa, Owen, Bryan, dan Jasen. Rafa adalah orang yang keras kepala dan suka melawan guru, Owen adalah orang yang malas, Bryan adalah orang yang tidak peduli, dan Jasen adalah orang yang agak rajin tetapi suka mengikuti temanya. Mereka sering melanggar tata tertib sekolah seperti terlambat masuk kelas, melawan guru, dan lain lain, sampai akhirnya mereka terkena hukuman dari sekolah. dan diberikan surat peringatan oleh kepala sekolah.

Babak 1
Empat orang sahabat ini sedang bermain basket dan tidak mau masuk kelas. Setelah masuk mereka mendapatkan hukuman dan tidak mau mengerjakan hukumannya. Mereka juga tidak belajar untuk ulangan dan saling menyontek saat mengerjakannya. Ketiga dari mereka tidak mau mendengarkan Jasen yang tidak mau lagi bermasalah di sekolah.

Adegan 1
Pada pagi hari, empat orang sahabat ini sedang bermain bola basket di lapangan sekolah. Saat sedang bermain selama 3 menit, bel sekolah berbunyi.

Jasen : Eh, masuk ke kelas yuk, bel dah bunyi nih
Owen : Idih males banget deh Jas, nanti ajalah. Masih pingin main nih
Rafa : Tau nih Jas, rajin amat kau. Kita baru aja main basket bentar, masa udah masuk lagi!
Bryan : Udah main aja dulu, mana sini lempar bola basketnya ke aku!
Jasen : Lah nanti kalau kita telat masuk ke kelas gimana nih?
Bryan : Tenang aja bro, yang penting kita main aja dulu
Owen : Iya, main dulu aja. 5 menit lagi deh kita masuk
Jasen : Yaudah, saya mah ikutan kalian aja deh yang penting ada temennya kalau kena marah

Adegan 2
Setelah masuk kelas, mereka berempat terkena teguran dari guru karena terlambat dan seragam mereka yang basah akibat keringat. Gurunya juga memberi mereka hukuman untuk menuliskan esai sebanyak 500 kata dan mengancam mereka untuk melaporkan mereka ke kepala sekolah.

Rafa : Rese amat sih itu guru, udah kasih kita esai ditambah anceman lagi!
Bryan : Ahh paling ancemannya mah cuman buat takut-takutin kita doang cuy!
Jasen : Lu pada sihh dibilangin suru masuk ke kelas supaya ga telat malah gamau, sekarang dapet hukuman kan jadinya..
Owen : Alah gua sih bodo amat, gamau kerjain esainya males lah!
Bryan : Yee gua juga gamau bikin, tambah-tambah kerjaan aja
Rafa : Yakali aku mau bikin hukuman kayak begitu, kurang kerjaan amat!
Jasen : Parah amat, gua kerjain ah daripada nanti makin panjang masalahnya..
Rafa, Owen, Bryan : Ga kompak kau Jas!
Jasen : Duh yaudah deh gua juga sebenernya males kerjain sih

Adegan 3
Pada hari itu di sekolah, mereka mengerjakan ulangan yang diberikan oleh guru. Mereka semua kaget karena mereka tidak ada yang belajar sedikitpun. Mereka lupa dan akhirnya mereka menyontek satu sama lain pada saat ujian. Bu Guru sempat mencurigai mereka.

Jasen : Gila wei saya lupa belajar sama sekali buat ujian tadi!
Rafa : Iya nihh malah pertanyaannya susah banget tadi
Owen : Untung tadi kita kerjasama pas ujian jadi lebih ringan lah
Bryan : Udah tenang aja lah percaya cuy pasti bagus nih nilai kita!
Rafa : Eh tapi tadi kita hampir ketawan loh!
Owen: Tadi guru pengawasnya dah kayak perhatiin kita mulu.
Bryan: Yang penting dah gak ketawan sekarang dehh.
Jasen : Kalian pada sih nyontek-nyontekan, kayak aku dong kerjain sendiri walaupun belum belajar yang penting jujur lah!

Babak 2
Mereka dimarahi oleh guru dan dilaporkan ke kepala sekolah. Mereka juga ketawan saling menyontek saat ulangan. Akhirnya mereka dipanggil ke kepala sekolah dan diberikan surat peringatan.

Adegan 1
Keesokan harinya mereka semua datang dengan tidak membawa esai yang diberikan guru. Mereka juga lupa untuk mengerjakan pekerjaan yang rumah yang diberikan oleh gurunya kemarin. Guru mereka sangat marah dan memberikan hukuman yang lebih besar yaitu esai 1500 kata dan ancaman untuk melaporkan mereka ke kepala sekolah.

Jasen : Ini nih gara-gara kau semua sih pada gak bikin, jadi saya ga ikut bikin deh!
Owen : Udah sih tenang aja lah gabakal kenapa-kenapa kok.
Bryan : Tenang aja nanti juga nilai rapot tetap bagus.
Rafa : Tau nih Jasen takut amat sama anaman kayak begitu doang!
Jasen : Terserah kalian saja deh yang penting saya mau kerjain esainya supaya masalahnya ga tambah panjang lagi.
Rafa : Aku sih gamau kerjain, bisa pegel nih tangan saya!
Bryan dan Owen : Iya, males gua kerjainnya!
Jasen : Kerjain dong, nanti kalau kalian di panggil kepala sekolah gimana?

Adegan 2
Saat bertemu guru pengawas saat ujian sebelumnya, mereka semua menyapa guru tersebut. Gurupun memanggil mereka untuk berbicara dengan mereka berempat. Ternyata guru tersebut telah mengetahui apa yang telah mereka lakukan saat ujian. Mereka di tegur dan di marahi juga diberikan nilai 0 untuk Rafa, Bryan, dan Owen.

Rafa : Abislah riwayat kita, dapet nilai 0 dah!
Owen : Akibat kita nyontek nih dapet nilai telor besar
Bryan : Iyanihh abislah nilai kita jelek begini
Jasen : Aduh kalian sih menyontek, akibatnya dapet nilai jelek kan!
Owen : Gimana nilai rapot kita dah
Rafa : Kena marah sama nyoka bokap deh!
Bryan : Semoga ada remedial deh kita
Jasen : Kalian harus lebih rajin lagi, tidak boleh menyontek lagi

Adegan 3
Jasen mengerjakan dan mengumpulkan tugas hukuman yang diberikan oleh guru, sedangkan teman-temannya yang lain tidak mengerjakan. Guru mereka pun memarahi Rafa, Bryan, dan Owen. Tidak lama kemudian, saat jam istirahat Rafa, Bryan, dan Owen di panggil oleh kepala sekolah dan diberikan surat peringatan.

Jasen : Benar kan apa yang saya bilang, kau semua di panggil deh sama kepala sekolah, untung kemaren aku dah kerjain!
Rafa : Aduh saya nyesel banget ga kerjain hukumannya nih.
Owen : Iya, sekarang kita dapet surat peringatan deh.
Bryan : Sama aku juga nyesel banget! Mestinya kita semua dengerin apa yang Jasen bilang nih.
Jasen : Bukan dengerin  apa yang saya bilang, tetapi jangan melanggar peraturan sekolah lagi!
Owen : Aku janji deh gamau melanggar peraturan lagi.
Bryan : Saya mau lebih rajin lagi jadi ga dimarahin mulu.
Rafa : Makasih ya Jas udah mau bantuin kita supaya ga dapet hukuman melulu.
Jasen : Nah gitu dong temen-temen kita harus jadi yang lebih baik.

Epilog
Drama ini mengajarkan bahwa kita harus mengikuti peraturan supaya lebih baik dan hormat kepada guru. Kita harus menjadi anak yang rajin dan bersifat baik. Seharusnya kita mempunyai sifat yang baik dan tidak melanggar peraturan untuk menjadi murid yang teladan. Kita juga tidak boleh menyontek saat ulangan kita harus percaya kepada kemampuan kita sendiri. Jadi, kita harus menjadi murid yang baik dan teladan karena orang tua kita sudah membayar mahal untuk ilmu pengetahuan kita. (Jerhemy Owen 8G SMP Dian Harapan Daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar