Senin, 05 Oktober 2015

Pentingnya Saling Menghargai



Prolog
Kisah ini menceritakan tentang 3 orang teman yang bernama Feline, Josephine dan Madeline. Feline adalah orang yang suka terpengaruh oleh suasana-suasana yang ada. Madeline adalah orang yang sabar, pintar, dan suka menolong orang. Josephine adalah orang yang suka membantu orang lain dalam kesusahannya.

Babak 1
Madeline, Feline, dan Josephine akan mengikuti ulangan IPA pada sesi terakhir. Saat mereka belajar bersama-sama, Feline menunjukkan sikap yang tidak menghargai teman-temannya.

Adegan 1
Madeline dan Feline sedang berada di kelas. Pada saat itu Feline meminta bantuan dari Madeline untuk mengajarkan satu bahan untuk ulangannya.
Feline             : “Madeline! Deline!”
Madeline      : “Iya Fel, kenapa?”
Feline             : “Kita ulangan IPA sesi berapa ya?”
Madeline      : “Tenang aja fel, kita ulangannya sesi terakhir kok..”
Feline             : “Tapi aku ada yang ngak ngerti del, takut..”
Madeline      : “Yaudah ntar aku ajarin ya Fel, kita makan bareng aja.”
Feline             : “Oh oke, makasih ya!”
Madeline      : “Oke sama-sama!”

Adegan 2
Madeline sadar bahwa masih ada 15 menit sebelum bel, maka Madeline mengajak Feline untuk belajar bersama.
Madeline      : “Eh Fel, mending kita belajar sekarang, deh. Masih 15 menit waktunya kan lumayan bisa buat belajar sedikit-sedikit.”
Feline             : “Iya juga ya. Oke deh. Mending kita duduk di sudut kelas aja biar makin fokus, kalo disini takutnya gabisa belajar, suasananya ribut banget.”
(Madeline menggangguk sambil ketawa, lalu mereka berjalan menuju sudut dan mulai belajar)
Madeline      : “Oke, kamu gak ngerti yang bagian mana?”
Feline         : “Aku gak ngerti yang bagian proses pembentukkan tulang, Del.                                   Susah banget cara ngertiinnya.”
Madeline      : “Ooohh, itu gampang kok kalo pake kata-kata sendiri. Nih, aku ringkasin ya..”
(Madeline menjelaskan panjang lebar tentang proses pembentukkan tulang. Tetapi Feline tidak mendengarkan, ia malah bengong.)
Madeline      : “Jadi, ngerti gak?”
Feline             : “Hah?”
Madeline      : “Ah kamu, jangan bengong! Masih ngantuk, ya?”
Feline             : “Aduh iya nih..”
(Lalu mereka tertawa bersama walaupun Madeline merasa sedikit tidak dihargai oleh Feline. Tetapi pikirannya tentang tidak dihargai itu hilang setelah mereka mendengar bel.)
Madeline      : “Udah ya Fel, balik ke tempat masing-masing dulu. Kita belajar lagi     pas makan siang, ya. Soalnya pas istirahat ke-1 aku ada rapat, jadi aku gak bisa ngajarin kamu.”
Feline             : “Oke Deline, gapapa kok. Santai aja.”

Adegan 3
Pada saat makan siang, Madeline dan Feline memutuskan untuk belajar bersama Josephine sambil makan siang.
Feline             : “Deline! Makan siang bareng, kan?”
Madeline      : “Iya, bentar ya aku mau ambil tempat makan aku dulu, kamu jajan  ya?”
Feline             : “Iya Del aku jajan..”
Madeline      : “Oh oke, ayuk jalan ke kantin sekarang, biar waktu belajarnya   banyak.”
(Feline menggangguk dan mereka berjalan menuju kantin untuk makan bersama teman-temannya yang lain.)
Madeline      : “Fel, mau belajar sekarang ato nanti sesudah makan?”
Feline             : “Bentar ya Del, mau beli makan dulu.”
Madeline      : “Oh oke Fel gapapa, beli dulu aja.”

(Lalu Feline membeli makanan, dan Madeline memilih untuk tetap duduk di kursi dan memakan makan siangnya.)

Feline             : “Deline! Maaf ya lama banget, antriannya panjang banget.”
Madeline      : “Iya gapapa kok, mau makan dulu atau langsung mau dijelasin?”
Feline             : “Jelasin sekarang aja, Del. Biar gak buang-buang waktu.”
Madeline      : “Oke.”

(Madeline menjelaskan panjang lebar sekali lagi tentang proses pembentukkan tulang. Tetapi Feline tidak mendengarkan Madeline, melainkan ia sibuk makan dan berbincang-bincang dengan temannya yang lainnya. Tetapi mereka tidak tahu bahwa Josephine melihat semuanya itu.)

Josephine     : “Fel? Feline? Fel!”
Feline             : “Kenapa, Jo?”
Josephine     : “Itu, dengerin tuh si Madeline. Kasian tau dia udah jelasin panjang         lebar, tapi kamunya gak dengerin!”
Feline             : “Iya, iya oke. Boleh diulangin gak, Deline?”
Madeline      : “Boleh kok.”

(Lalu Madeline menjelaskan sekali lagi tentang proses pembentukkan tulang, tetapi Feline tetap saja berbincang-bincang dengan teman-teman yang lainnya.)

Josephine     : “Sabar aja ya, Del...”
Madeline      : “Iya nih. Tapi gapapa sih, aku jadi makin hafal juga.”
(Josephine dan Madeline tertawa bareng dan setelah mereka selesai makan, mereka melanjutkan pelajaran.)

Babak 2
Feline, Josephine, dan Madeline akan mengikuti ulangan IPA dengan Pak Doni. Sebelum ulangan, Pak Doni memberikan waktu 20 menit untuk belajar, tetapi Feline tidak menggunakan waktu itu dengan baik dan tidak menghargai temannya.

Adegan 1
Feline dan Madeline akan mengikuti ulangan IPA, tetapi Pak Doni, guru IPA mereka, memberikan waktu 20 menit untuk belajar, maka Feline dan Madeline memutuskan untuk belajar bersama.
Pak Doni       : “Baik anak-anak, kita akan ulangan ya hari ini. Bapak kasih kalian waktu 20 menit untuk belajar!”
Semuanya    : “Baik pak!”
Feline             : “Del, boleh dijelasin disini lagi, gak?”
Madeline      : “Boleh kok, aku ringkasin lagi, ya..”
(Madeline sekali lagi menjelaskan tentang proses pembentukkan tulang. Tetapi Feline tidak mendengarkan lagi. Feline hanya bengong dan melihat buku catatannya.)
Madeline      : “Udah, selesai deh. Gampang kan?”
Feline             : “Em...Del..Boleh u—“
Pak Doni       : “Baik anak-anak! Waktu belajar sudah selesai. Silahkan kembali ke tempat masing-masing karena kita mau ulangan.”
Madeline      : “Kenapa, Fel?”
Feline           : “Em..Gak jadi deh Del. Em..Semoga dapat nlai bagus, ya!”
Madeline      : “Iya makasih, Fel. Kamu juga!”

Adegan 2
Feline sedang mengerjakan ulangannya, tetapi ia tidak bisa mengerjakan semua soalnya.
Pak Doni       : “Baik, bisa dikerjakan ulangannya. Waktu kalian 45 menit untuk mengerjakannya.”
(Feline mengerjakannya, tetapi ia tidak bisa mengerjakan soal terakhir, yaitu proses pembentukan tulang.)
Feline             : (berbicara dalam hati) “Aduh, kok soalnya keluar sih. Aku gak bisa lagi. Susah tau. Madeline juga nih gak bagi-bagi ilmu sama aku..”
Pak Doni       : “1 menit lagi!”
Feline             : (dalam hati) “Yaudah, lah. Gak usah diisi..”
Pak Doni       : “Ya, waktu sudah habis. Silahkan dikumpulkan dari belakang ke depan. Kalo sudah, langsung pergi aja ya, gausah pake salam.”

Adegan 3
Josephine, Madeline, dan Feline sedang berbincang-bincang setelah ulangan IPA dari Pak Doni.
Josephine     : “Del, ulangannya gampang, ya. Untung kita belajar.”
Madeline    : “Iya, Jo. Untung kita belajar loh, soalnya gak ada soal yang pake logika.”
Josephine     : “Ya iyalah! Namanya juga IPA, apalagi Biologi. Hehehe.”
Feline             : “Del, kamu bisa yang proses pembentukkan tulang, gak?”
Madeline      : “Bisa kok, kan aku udah ajarin kamu, kenapa emangnya Fel?”
Feline             : “Hah? Sejak kapan kamu ajarin aku tentang proses pembentukkan tulang?”
Madeline      : “Pagi-pagi, makan siang, sama pas belajar sebelum ulangan.”
Josephine     : “Kamu gak dengerin, Fel?”

(Feline menggeleng-gelengkan kepala. Pada saat itu, Madeline merasa kecewa karena merasa tidak dihormati sama Feline.)

Josephine     : “Fel, kok kamu gak dengerin Madeline? Padahal dia udah baik-baik jelasin panjang lebar ke kamu, loh.. Sedangkan kamu tidak ngehargain dia, kamu gak dengerin dia..”
Feline             : “Aduh, maaf ya Deline, aku udah tidak ngehargain kamu. Maafin aku ya Del, aku gak bakal seperti itu lagi.”
Madeline      : “Iya, Fel. Gapapa kok..”

Epilog
Setelah kejadian itu, Madeline, Feline, dan Josephine pulang bersama. Pada saat itu Feline sudah mendapatkan pelajarannya, bahwa ia harus menghargai orang lain. Salah satunya dengan cara mendengarkan orang lain saat ia sedang berbicara. (Sharon Erika 8H SMP Dian Harapan Daan Mogot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar