Jumat, 16 Oktober 2015

Pentingkah Pemilihan Jurusan di SMA untuk Menuju Bangku Kuliah



           SMA merupakan masa yang indah dan menyenangkan sekaligus masa yang berat karena kita sudah harus serius dalam mempersiapkan masa depan. Persiapan masa depan tersebut berkaitan dengan penjurusan atau yang sekarang dikenal dengan peminatan yang harus dipilih ketika  memasuki SMA yang terkadang membuat kita bingung sehingga tidak mengherankan kalau ada siswa yang memilih IPA bukan karena mereka cinta dengan IPA, tetapi lebih karena mereka berpikir kalau memilih jurusan IPA mereka bisa memilih jurusan kuliah dengan bebas, padahal belum tentu jurusan yang mereka pilih berhubungan dengan IPA. Di sisi lain, ada juga orang yang memilih jurusan IPS karena mereka merasa bahwa pelajaran di IPA sulit dan menganggap IPS lebih mudah sehingga mereka memilih jurusan IPS. Padahal, belum tentu IPS lebih mudah daripada IPA dan juga belum tentu bakat dan minat mereka ada di IPS sebenarnya. Namun sebenarnya, kalau kita pikirkan dengan cermat seberapa penting pemilihan jurusan di SMA untuk menuju bangku kuliah?
            Ketika kita memilih suatu jurusan, kita harus memastikan jurusan tersebut sesuai passion kita. Misalkan kita memang passion pada bidang kedokteran, berarti kita harus yakin bahwa jurusan yang kita pilih adalah IPA. Kita harus mengejar passion itu dan tidak boleh menyerah hanya karena membayangkan kesulitan pelajaran Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika dan hal terburujk yang bisa terjadi kita justru langsung berpindah jurusan dengan memilih IPS yang bukan merupakan passion kita dari awal. Bukankah kita tidak ingin hidup dipenuhi dengan penyesalan? Begitu penting pemilihan jurusan yang tepat untuk meniti masa depan yang sesuai dengan passion kita.  
            Di sisi lain, pemilihan jurusan pada waktu SMA terkadang juga bukan hal yang penting karena banyak kasus yang terjadi sekarang yaitu anak IPA pada saat lulus SMA saat akan menentukan jurusan di bangku kuliah, mereka mengambil lahan anak IPS, seperti  manajemen , akuntansi, hukum, dll. Hal itu bisa berarti tiga hal. Pertama, saat pemilihan jurusan mereka tidak sepenuhnya atau ada campur orang lain, teman ataupun orang tua. Kedua, mereka tidak begitu menguasai jurusan IPA karena saat memilihnya hanya demi gengsi dan bukan karena kemampuan. Ketiga, mereka berpendapat bahwa kalau mau aman nanti di kuliah, ambil jurusan IPA saja karena jurusan IPA bisa membawa kita ke dalam jurusan.
            Pemilihan jurusan di SMA untuk menuju bangku kuliah itu penting jika kita memang sudah passion di bidang tertentu yang akan kita geluti untuk meraih masa depan kita dan tentu saja yang sesuai dengan bakat dan talenta yang sudah Tuhan berikan.
Akan tetapi, di sisi lain pemilihan jurusan itu tidaklah penting jika kita belum memiliki arah yang pasti untuk menjadi apakah kita di masa depan. Bahkan meski kita sudah SMA, banyak dari kita yang selalu berubah-ubah keinganan, mimpi, dan cita-cita yang ingin kita raih.
Oleh karena itu, penting atau tidaknya untuk memilih jurusan di SMA untuk menuju bangku kuliah tidak perlu diperdebatkan. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita menjalaninya saat kita sudah memilih jurusan tersebut.  (Avelino Kostka 12 IPA 1 SMA Dian Harapan Daan Mogot dengan pengubahan)      
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar