Kamis, 29 Oktober 2015

Nasionalisme dan Patriotisme di Kalangan Pelajar untuk Kemajuan Suatu Bangsa



Jiwa nasionalisme dan patriotisme sudah menjadi bagian yang dimiliki oleh para pendiri bangsa serta menjadikan jiwa tersebut sebagai pondasi dari berdirinya bangsa kita ini. Tentunya semangat yang dimiliki oleh para pendiri bangsa Indonesia harus terus diturun-temurunkan kepada para penerus bangsa selanjutnya. Tanpa adanya semangat tersebut tentunya kesatuan suatu bangsa akan sangat sulit untuk didapat. Oleh karena itu, semangat tersebut harus di tanamkan sejak sedini mungkin agar dapat melahirkan penerus bangsa yang dapat membuat bangsa ini semakin kokoh. Kita dapat melihat dampak dari kurangnya penanaman nilai dan semangat tersebut dalam pemerintahan; mereka yang berdasi dan berpendidikan tinggi dapat dengan mudahnya terjerat dalam korupsi karena hanya kepentingan kehidupan serta kenikmatan hidup daripada meneruskan tanggung jawab yang telah mereka dapatkan untuk memakmurkan bangsa ini.
Kita tahu bagaimana anak-anak dengan mudah ditanamkan suatu hal dan tentunya mereka akan mengingatnya saat mereka bertumbuh nanti. Nasionalisme dan patriotisme tentunya sangat dibutuhkan dan patut di- kembangkan di kalangan para pelajar. Kita juga sebenarnya secara sadar dan mungkin juga tanpa sadar telah melakukan hal kecil yang menghilangkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan kita dan ada hal juga yang telah meningkatkan nilai-nilai patriotisme serta nasionalisme yang telah kita lakukan,  tetapi kita tidak menyadarinya. Kita juga sebagai seorang murid harus dapat memberikan contoh yang baik agar berdampak pada masyarakat dan sudah menjadi tugas kita bagaimana kita yang bisa mendapatkan pendidikan baik, layak, serta memenuhi, perlu memberikan contoh-contoh kecil bagi masyarakat sekitar kita dalam keadaan apapun.
Tentunya nasionalisme serta patriotisme sangatlah penting dalam kalangan suatu pelajar. Perlunya pendidikan tersebut dapat dimulai sedini mungkin, sejak playgrup atau TK, hingga sampai SMA nanti karena saat kuliah tentunya kita dipercaya sudah cukup dewasa untuk memenuhi kebutuhan dan kewajiban hidup sendiri. Tentunya penanaman sifat-sifat tersebut akan mempunyai dampak positif dalam kehidupan ke depannya. Orang yang telah memiliki penanaman kepribadian yang baik akan tidak mudah untuk ikut terprovokasi untuk hal-hal kecil, dan juga melakukan hal-hal yang bisa dibilang kurang baik dalam kehidupan. Orang yang telah memiliki nilai-nilai tersebut akan mempunyai pendirian dan motivasi untuk menindak serta mendukung jika adanya penyelewangan dari suatu sifat nasionalisme dan patriotisme yang kurang.
Pentingnya nasionalisme dan patriotisme dapat kita telusuri dan rasakan jika kita telah mengerti dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Dengan cara-cara seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengikuti hukum yang berlaku dalam negara ini. Tentunya hal yang kita lakukan dapat berdampak bagi orang lain. Terkadang orang  di negara kita ini cenderung tidak mempunyai prinsip dalam kehidupan mereka, jika ada satu orang melakukan suatu hal yang salah, bukannya membenarkan atau tidak mengikuti mereka malah termotivasi untuk mengikutinya. Jika suatu hal yang buruk terus dilakukan tentunya semangat nasionalisme dan patriotisme yang kita miliki tidak mendukung suatu kemajuan bangsa.
Jika para pendiri bangsa memiliki semangat juang nasionalisme dan patriotisme untuk membangun suatu bangsa, dengan menukar darah dan nyawa mereka untuk kepentingan bangsa serta untuk berlangsungnya penerus-penerus bangsa kelak. Mengapa kita yang dapat melakukan hal yang lebih mudah tanpa adanya tumpah darah sangat enggan untuk melakukan hal tersebut? Jangan sampai sifat-sifat nasionalisme dan patriotisme yang kita miliki yang malah menghancurkan dan menurunkan nilai kesatuan bangsa ini.
Walaupun nasionalisme dan patriotisme sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa, kita juga tidak boleh terlalu berlebihan karena jika kita menjadi berlebihan, tentu akan menjadi suatu hal yang dapat menimbulkan masalah karena perbedaan cara berpikir. Perbedaan cara berpikir akan berdampak dalam pegaplikasian yang dapat menjadi hal yang kurang dapat diterima dalam masyarakat. Nasionalisme dan patriotisme akan sangat merugikan jika diajarkan dalam arti yang berbeda ataupun pengaplikasian yang salah.
Jika suatu hal menjadi berlebihan tentu tidak akan menjadi baik, akan banyak pertentangan karena perbedaan pendapat, dan juga dalam pengaplikasian dalam kehidupan, karena segala sesuatu ada waktunya dan di tempat dalam situasi tertentu. Jika kita menjadi fanatik akan sesuatu tentu bukan menjadi menguntungkan malah merugikan. Tentunya jika kita memiliki pemahaman yang baik kita juga tidak akan menjadi fanatik dalam nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Pendidikan yang baik tentu akan mencegah kita untuk mendapatkan pemahaman yang salah.
Pengaplikasian nasionalisme dan patriotisme bisa dilakukan dalam skala yang kecil untuk kalangan pelajar seperti kita tidak harus berlebihan, karena memang belum menjadi bagian kita untuk melakukan hal-hal yang berlebihan, kita bisa mulai dari hal kecil yang dapat kita lakukan untuk disekitar kita. Bukan hanya menjadi tugas guru-guru kita untuk mengaplikasikan nasionalisme dan patriotisme di sekolah untuk mengajarkan kita, kita juga harus bisa menegur mereka jika mereka melakukan hal yang bisa dibilang menyimpang yang mereka mungkin tidak sadar tetapi tentu dengan cara dan bahasa yang pantas dan sebaik-baiknya.
Segala sesuatu tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tentunya sifat-sifat nasionalisme dan juga patriotisme selalu mempunyai sisi positif jika memang pengaplikasian dan penyampaian disalurkan dengan cara yang benar. Selain itu memang nilai-nilai itu yang telah membangun adanya bangsa ini sehingga kita tidak boleh menyia-nyiakan hal yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dengan pemahaman yang kurang ataupun berlebihan karena dapat merusak nilai-nilai yang ada.
Kita dapat melakukan nasionalisme dan patriotisme dengan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk sekitar kita. Ikuti upacara dan peraturan sekolah serta kewajiban kita sebagai murid dan juga untuk terus berkarya untuk kemajuan bangsa kita dan segala sesuatu yang kita lakukan harus bisa berdampak dan memotivasi orang-orang yang mungkin kurang untuk mendapatkan pengetahuan serta pemahaman dalam nasionalisme dan patriotisme sehingga pentingnya suatu nasionalisme dan patriotisme sangat penting dalam pendidikan dan kehadiran dalam kehidupan murid-murid SMA serta kalangan para pelajar. 
(Matthew 12 IPA1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar